22 Jan 2013

Google Sedangkan Kembangkan Fitur Keamanan Pengganti Password


Google mengamini banyak kritik pengguna internet yang mengatakan password tidak lagi aman untuk digunakan sebagai fitur keamanan.

Dalam jurnal penelitian mereka yang akan diterbitkan bulan ini, dua ahli keamanan perusahaan menuturkan bahwa mereka merasa password dan cookie tidak lagi cukup untuk fitur kemananan.

Dua peneliti Google itu tengah mengembangkan cara baru yang memungkinkan pengguna dapat masuk ke situs web. Piranti ini berbentuk cincin USB yang sangat kecil yang menggunakan teknologi kartu 'Yubico Cryptographic', untuk masuk ke situs web dengan hanya memasukkannya ke lubang USB port lalu mengklik mouse.

Google ingin membuat smartphone pengguna atau cincin dengan smartcard untuk masuk ke situs web, bahkan dalam situasi smartphone tanpa konektivitas selular.

Mungkin akan tetap menggunakan semacam kode atau bentuk lainnya, tetapi tidak akan seperti password yang sulit diingat. Ini akan membantu jika cincin USB itu dicuri atau hilang.

Teknologi ini tidak menggunakan software khusus selain browser Google Chrome yang diperbaru yang juga akan mencegah situs web menggunakan teknologi ini untuk melacak pengguna.