4 Jan 2013

Teknologi Yang Layak Ditunggu di 2013


Tahun 2012 telah berlalu, diisi dengan berbagai peluncuran perangkat canggih dengan spesifikasi yang mampu memanjakan pengguna. Mulai dari Galaxy S III hingga iPhone 5 yang berhasil memunculkan euforia masing-masing penggemarnya.

Sekelumit teknologi yang disebutkan tersebut merupakan perkembangan yang telah dapat dirasakan pada tahun 2012 lalu. Lalu bagaimana dengan tahun 2013, berikut teknologi yang layak ditunggu:

GoogleGlass 
Kacamata yang saat ini masih disebut sebagai Project Glass tersebut membawa kemampuan komputasi yang cukup menakjubkan. Dikontrol dengan suara, kacamata pintar Google bisa digunakan untuk melakukan pencarian online, email dan navigasi arah. Bahkan bisa pula dipakai untuk video chat. Kacamata berbasis teknologi augmented reality ini bisa menampilkan berbagai informasi seperti menunjukkan di mana lokasi pengguna dan keadaan cuaca. Meski belum dapat dipastikan, kacamata pintar yang kerap disebut Google Glass tersebut tampaknya memakai sistem operasi berbasis Android akibat penggunaan ikon dan penampilan menu yang tampak familiar dengan OS robot hijau tersebut.

Apple TV
Smart TV besutan Apple tersebut akan mempunyai ukuran antara 46 hingga 55 inch. Rumor ini menyebar setelah sumber dari Foxconn -- yang merupakan mitra manufaktur Apple -- tengah memproduksi TV Apple tersebut dan akan selesai di akhir tahun 2013 mendatang. Masih menurut sumber yang sama, Apple saat ini telah membuat prototipe dari model yang merupakan hasil kolaborasi Foxconn dan Sharp. Memang banyak yang mengharapkan Apple memunculkan produk TV sendiri, setelah melihat cukup suksesnya perangkat set-top box Apple TV yang mampu menghubungkan antara perangkat iOS ke TV.

Inovasi Robot 
Divisi robot Samsung baru-baru ini memperkenalkan robot humanoid terbaru mereka yang diberi nama Roboray. Pada pameran teknologi IROS 2012 di Portugal beberapa waktu lalu, Roboray pun unjuk kebolehan. Kemampuan Roboray dikembangkan lebih jauh lagi sehingga diklaim lebih luwes. Ini berkat sendi-sendi kaki dan tangannya yang lebih fleksibel namun kuat dibandingkan versi sebelumnya. Alhasil, gaya berjalan Roboray pun hampir meniru persis kemampuan berjalan manusia. Diprediksi ke depannya perkembangan teknologi robot akan semakin masif, mulai dari menemani astronot hingga mengurus keperluan rumah tangga.